Perbandingan Produk Investasi

Kerja Mania - Banyak sekali perangkat investasi yang dapat memberikan keuntungan berbeda-beda, juga memiliki tingkat risiko yang berlainan. Tetapi, yang paling penting, sebelum menanamkan modal pada suatu jenis investasi, kamu sebagai pemilik dana harus mengenal produk investasi yang dipilih. Hal ini perlu agar tahu resikonya dan bisa mendapatkan keuntungan maksimal.

Perbandingan Produk Investasi


Beberapa produk investasi yang dapat kamu pilih antara lain :

1. Deposito

Deposito Berjangka

Produk ini mewajibkan pemilik dana menyimpan sejumlah dana untuk jangka waktu 1, 3, 6, dan 12 bulan dengan janji bunga yang lebih tinggi dari produk tabungan. Namun, pemilik dana tak bisa menarik dananya sewaktu-waktu seperti tabungan karena harus menunggu hingga deposito tersebut jatuh tempo. Jika terpaksa mencairkan deposito sebelum jatuh tempo, pemilik dana akan dikenakan penalti.

Sertifikat Deposito

Sertifikat Deposito (SD) adalah surat berharga yang diperoleh setelah menyimpan sejumlah dana. Bunganya lebih tinggi dibandingkan dengan produk deposito berjangka dan bisa dijual kepada orang lain walaupun pencairan belum jatuh tempo.

2. Reksa Dana

Dengan berinvestasi di reksa dana (RD), uang anda akan dikelola manajer investasi untuk diinvestasikan di dalam pasar modal dan atau pasar uang. Ada beberapa reksa dana yang bisa anda pilih, mulai dari RD saham, RD campuran, RD pendapatan tetap, dan RD pasar uang.

3. Saham

Investasi saham selain bisa dilakukan melalui reksadana yang dikelola manajer investasi, juga bisa dilakukan oleh investor retail atau oleh investor institusi. Investor retail adalah perorangan yang langsung membeli saham sedangkan investor institusi adalah investor yang dinaungi oleh sebuah institusi seperti dana pensiun, asset management atau investor asing yang mempunyai modal besar hingga ratusan miliar bahkan triliunan rupiah.

4. Tanah dan Properti

Pada umumnya, nilai tanah setiap tahun akan meningkat, mengingat jumlah penduduk semakin bertambah, sedangkan luas tanah tetap. Selain pertumbuhan penduduk, lokasi juga mempengaruhi harga tanah dan Properti. Kalau anda ingin berinvestasi dalam tanah & Properti, perhitungkan dan lihat sendiri lokasi tanah & Properti tersebut.

5. Emas

Perhiasan

Jika anda membeli perhiasan emas, berarti anda membayar harga emas tersebut ditambah ongkos pembuatan perhiasan tersebut. Tetapi, ketika anda menjualnya biasanya anda akan menerima harga emasnya saja, sedangkan ongkos pembuatannya menjadi biaya bagi anda

Batangan

Jika anda membeli emas batangan, anda membayar untuk harga emasnya saja, begitu juga ketika anda akan menjualnya. Emas batangan adalah produk investasi emas yang paling menguntungkan.