3 Modal Jadi Wirausahawan (Entrepreneur)

KERJA MANIA - Wirausahawan (entrepreneur) tidak dilahirkan, tetapi dididik. Untuk bisa berhasil, para wirausahawan harus memiliki 3 modal jadi wirausahawan (entrepreneur) sebagai jalan meraih kesuksesan.

Dikutip dari Aburizal Bakrie sebagai pembicara pada suatu acara expo tentang entrepreneur bahwa menjadi seorang entrepreneur dibutuhkan tiga modal pokok. Modal pokok itu tidak diturunkan dari orang tua, tetapi terbentuk karena tempaan terhadap seseorang.

3 Modal Jadi Wirausahawan (Entrepreneur)


3 modal jadi wirausahawan (entrepreneur) :

1. Tekad

Tekad merupakan sikap teguh untuk meraih cita-cita. Dalam dunia wirausaha ada banyak rintangan yang terus dihadapi entrepreneur pemula dan yang sukses. 

Tekad yang tinggi bisa menolong seseorang terus berjalan meskipun usahanya sedang jatuh atau bangkrut. Tekad itu dilakukan agar menggapai cita-cita yang merupakan mimpi yang harus dibuat dengan rencana agar bisa dicapai.

Itu sebabnya seorang entrepreneur pun harus pandai bermimpi, ingin menjadi apa dan ingin membuat apa kemudian ide tersebut dituangkan dalam konsep

2. Bangun Jaringan

Kemampuan bekerja sama dan membangun jaringan amat penting karena dengan kerja sama berbagai hal bisa terwujud dengan mudah. 

Ada orang yang mampu mencipta, tetapi tidak mampu memasarkan sebaiknya bekerja samalah dengan pemasar agar ide yang ada di kepala terwujud, bagi orang yang memiliki kelemahan tidak bisa mencari pasar, sebaiknya tidak perlu memikirkan berapa keuntungan yang akan hilang jika pemasaran diserahkan kepada orang lain. Sebab dengan bekerja sama, ide tersebut akhirnya tetap bisa dipasarkan meskipun hasilnya kecil dari pada tidak sama sekali.

Wirausahawan (entrepreneur) tidak perlu takut memulai usaha karena tidak ada modal. Tanpa modal seseorang bisa memulai usahanya. Salah satunya dengan menjual ide, misalnya pada perusahaan atau lembaga lain.

3. Kuasai Pasar Modal

Menguasai cara permodalan paling modern, yaitu pasar modal yang mampu menghasilkan modal dalam waktu yang cepat