Ebook

Bagaimana Negosiasi Gaji Saat Interview?

Kerja Mania - Negosiasi gaji saat interview sering menjadi salah satu faktor gagalnya mendapatkan pekerjaan. Jika pelamar kerja meminta jumlah gaji yang terlalu besar, perusahaan kemungkinan akan membatalkan niatnya untuk merekrut pelamar kerja. Sebaliknya jika jumlah gaji yang diminta terlalu rendah, ada kemungkinan pelamar dinilai perusahaan menerima gaji di bawah standar.

Untuk sukses wawancara kerja (interview) terutama soal gaji, sebaiknya pelamar kerja mempersiapkan diri untuk menerima pertanyaan "berapa gaji yang Anda inginkan?"

KerjaMania.com berbagi tips bagaimana negosiasi gaji saat interview :

1. Tidak meminta gaji tanpa mengetahui standar gaji perusahaan
Sebelum saatnya pelamar diminta menyebutkan sejumlah angka, baiknya selidiki terlebih dahulu berapa standar gaji di perusahaan tersebut karena apabila pelamar menyebutkan angka jauh di bawah standar perusahaan, pelamar sendiri yang akan menyesal karena ternyata mendapat gaji paling kecil jika dibandingkan rekan kerja yang lain. Sedangkan jika menetapkan gaji diatas standar perusahaan, kemungkinan perusahaan tidak dapat memenuhi gaji yang diminta dan berakibat batalnya diterima sebagai karyawan. 

2. Ketahui kualitas dan kemampuan diri Anda sendiri
Tahu kualitas dan kemampuan diri sendiri akan membantu Anda menentukan 'harga' yang sesuai dengan 'nilai' Anda karena apabila asal sebut saja dalam menentukan gaji tanpa mengetahui kualitas diri sendiri juga merupakan suatu kesalahan yang sebenarnya bisa dihindari.

3. Negosiasi gaji merupakan kesepakatan kedua belah pihak
Keputusan berapa jumlah gaji merupakan kesepakatan kedua belah pihak. Namanya negosiasi, tentunya pelamar kerja juga ikut andil dalam pengambilan keputusan. Pelamar kerja merasa puas dengan keputusan gaji yang akan diterimanya begitu pula dengan pihak pemberi kerja. 

4. Penampilan diri sesuai dengan nilai gaji
Tampilkan sosok yang cerdas dan profesional serta pembicaraan yang berbobot apabila Anda menentukan jumlah gaji yang cukup besar sehingga pihak pemberi kerja tidak ragu untuk memberi gaji seperti yang Anda minta.

Apabila ada pihak perusahaan menghubungi Anda lewat telepon untuk membicarakan gaji, sebaiknya mengatakan bahwa anda akan datang secara langsung untuk membicarakan negosiasi gaji untuk menghindari kesalahpahaman yang mungkin saja terjadi apabila melakukan negosiasi gaji lewat telepon.

Itulah tips bagaimana negosiasi gaji saat interview. Ikuti terus update lowongan kerja terbaru, semoga bermanfaat. 


PERHATIAN Harap perhatikan terlebih dahulu tanggal EXPIRED lowongan sebelum mengirimkan lamaran kerja (klik ikon / lihat Bantuan)